- Penelitian terhadap kegiatan pembelajaran sehari-hari yang biasa kita lakukan
- Penelitinya adalah guru ybs
- Tempatnya kelas yang diajarinya
- Masalah tentang KD yang gagal dicapai
- Tujuannya untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar
1. Merencanakan pembelajaran.menyusun RPP, meliputi :
- SK,KD, Indikator dan materi pokok
- Menyusun strategi pembelajaran
- Menyusun bahan ajar
- Menyusun soal tes
- Mempersiapkan segalanya yang diperlukan
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
- Menemukan kegagalan proses pembelajaran yang ditandai dengan : Siswa pasif, hasil tes tidak memenuhi KKM
- Menemukan teori yang dapat digunakan untuk mengatasi kegagalan proses pembelajaran tsb
1. Merencakan PTK/Menyusun RPP
- SK,KD, Indikator dan Materi Pokok
- Menerapkan metode/model pembelajaran
- Menyusun bahan ajar
- Menyusun soal tes
- Menyusun instrumen/pedoman pengamatan pembelajaran
- Mempersiapkan segalanya yang diperlukan
- Kegiatan Penahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
- Memahami model pembelajaran yang digunakan
- Mampu menemukan kegagalan yang digunakan
- Mampu menemukan menentukan solusi
- Cermat melakukan pengamatan dan mencatat hal-hal sbb:
- Tampilan fisik siswa dan guru
- Dialog sebagaimana yang terjadi dalam pembelajaran
- Lingkungan fisik atau kelas dengan berbagai situasinya
- Kejadian2 khusus yg dilakukan oleh siswa ketika berinteraksi dengan sumber2 belajar
- Berbagai aktivitas siswa dan guru dalam mengimplementasikan tahapan2 model pembelajaran
- Pikiran dan perasaan peneliti perlu dideskripsikan secara rinci, karena dalam penelitian kualitatif peneliti merupakan bagian dari penelitian.
- Menemukan kegagalan proses pembelajaran yang ditandai dengan siswa pasif, hasil tes tidak memenuhi KKM
- Menemukan solusi untuk menguasainya
Menyusun Laporan Hasil PTK
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
- Deskripsikan urutan pembelajaran sehari-hari sebagaimana yg dilaksanakan di kelas(kegiatan PTK)
- Jelaskan cara merefleksi dan hasilnya yaitu proses pembelajaran yang berhasil dan yang gagal
- Serta dicari sebab-sebab kegagalannya
- Mencari dan menemukan metode/model pembelajaran yang inovatif sebagai solusi secara teoritis
- Menerapkan model pembelajaran tsb disertai dengan kutipan yg relevan
- Yakinkan pembaca bahwa dengan menerapkan metode/model tsb(solusi), maka masalah tsb dapat diatasi
- Tuliskan judul penelitian(berisi KD yg gagal dan model/metode pembelajaran, nama sekolah, dan kelas)
JUDUL PENELITIAN
1. KD yg gagal dicapai
2. Model/metode pembeljaran yg inovatif
3. Jumlah kata tidak lebih dari 25 kata
4. Berupa kata benda
* Judul kecil ditulis dalam kurung :(Penelitian Tindakan Kelas, Nama Sekolah dan Kelas yg diteliti)
* atau variasi dari komponen2 judul besar dan judul kecil
Contoh :
*Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Induksi
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Parungpanjan 06 kelas V)
*Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Induksi di SDN Parungpanjang 06 kelas V (Penelitian Tindakan Kelas)
Penerapan Model Pembelajaran Induksi di SDN Parungpanjang 06 kelas V sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan (Penelitian Tindakan Kelas)
B. Rumusan Masalah
Apakah peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan dapat meningkat bila ditetapkan model pembelajaran induksi?
Apakah upaya peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan di SDN Parungpanjang 06 kelas V melalui model pembelajaran induksi dapat meningkat?
Apakah penerapan model pembelaran induksi dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan di SDN Parungpanjang 06 dapat meningkatkan hasil pembelajaran?
C. Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian dalam PTK adalah ingin meningkatkan....(disesuaikan dengan bunyi KD yang gagal)
Misalnya :
Ingin meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan pecahan melalui model pembelajaran induksi
D. Manfaat Penelitian
BAgi siswa, peneliti, guru, pengawas dll.
BAB II KAJIAN TEORITIS
(Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan melalui model pembelajaran induksi)
A. Operasi hitung bilangan pecahan
1. .............
2..............
B. Model pembelajaran induksi
1. .............
2..............
C. Pola Pikir
Kerangka berpikir peneliti dalam menerapkan model pembelajaran dalam pembelajaran KD yg tsb dalam judul (Pola pikir ini dijadikan strategi/pengalaman pembelajaran dalam RPP siklus II)
D. Hipotesis
Jawaban terhadap pertanyaan rumusan masalah.
"jika model pembelajaran induksi diterapkan dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan, maka hasil dapat meningkat"
Atau "jika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan diterapkan model pembelajaran induksi maka hasil dapat meningkat"
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Prosedur Penelitian
1. Merencanakan PTK
2. Melaksanakan PTK
3. Melaksanakan Pengamatan
4. Melakukan Refleksi
(Jelaskan apa-apa yg dilakukan oleh peneliti dan observer dalam kegiatan-kegiatan tsb)
B. Teknik Pengumpulan Data
1. Teknik tes data kuantitatif untuk membuktikan hipotesis
2. Teknik observasi (data kualitatif untuk laporan hasil penelitian)
C.Teknik Pengolahan Data
1. Pengolahan data kuantitatif(dengan cara mengolah hasil tes siklus II dikurangi hasil tes siklus I)
2. Pengolahan data kuantitatif(dengan cara menguji data dengan toeri)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A Deskripsi hasil penelitian siklus pertama
(hasil observasi dari para observer saat pembelajaran)
1. Kegiatan pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup
(disajikan sedemikian rupa sehingga data hasil refleksi terekam/tersaji)
B. Deskripsi hasilm refleksi siklus pertama
1 .indikator yg tercapai (sukses)
2. indikator yg belum tercapai(gagal)
3. solusi yg digunakan utk mengatasi kegagalan tsb (menjelaskan solusi yg digunakan utk mengatasi setiap kegagalan)
4. kesimpulan solusi (mengulsolusi dan digunakan utk menyusun RPP siklus I)
C. Deskripsi hasil penelitian siklus kedua
(hasil observasi dari para observer saat pembelajaran)
1. Kegiatan pendahuluan
2. Kegiatan inti
3. Kegiatan penutup (disajikan secara rinci dg menekankan pd penerapan model/metode yg digunakan)
Deskripsi hasil refleksi siklus kedua (tidak ditemukan kegagalan dalam proses dan hasil belajar)
D. Pembahasan hasil penelitian
1. Pembahasan ketercapaian setiap indikator dan setiap kelompok dalam siklus I dan II
2. Pembahasan ketercapaian setia indikator secara klasikal dalam siklus I dan II
3. Pembahasan ketercapaian seluruh indikator dan setiap kelompok dalam siklus I dan II
4. Pembahasan ketercapaian seluruh indikator secara klasikal dalam siklus I dan II
Keterangan :
Setiap hasil pembahasan diubah dalam bentuk grafik garis atau diagram batang dan diagram lingkaran.
BAB V. KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
B. Rekomendasi
Lampiran-lampiran :
1. Nama-nama anggota kelompok
2. Bahan ajar
3. Tugas-tugas siswa
4. Kunci jawaban
5. RPP Siklus I
6. Pedoman observasi
7. RPP Siklus II
8. Lembar kerja kelompok
9. Foto kegiatan belajar
Kelengkapan lain yg diperlukan :
1. Sampul luar
2. sampul dalam
3. Lembar persetujuan dari korwas
4. Surat pernytataan dari pengelola perpustakaan kelas
5. Kata pengantar
6. Daftar Isi
7. Daftar tabel
8. Daftar diagram
9. Daftar lampiran
Lampiran-lampiran :
1. nama-nama anggota kelompok
2. pediman observasi
3. tugas-tugas peserta
4. RPP Siklus I
5. Pedoman observasi
6. RPP Siklus II
7. Instrumen observasi Siklus II
8. Instrumen wawancara Siklus II
9. Lembar kerja peserta
10 Foto-foto kegiatan belajar siswa
Diambil dari Sumber Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan , Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat 2008, oleh Drs. Slamet Mulyana, M.Pd dan Widyaiswara LPMP Jawa Barat 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar